MAKALAH UNTUK SOFTSKILL
TENTANG
“SISTEM KOMPUTER”
DISUSUN
OLEH
METHA
ERZHA CHAIRANI
1KB04
26114604
SISTEM
KOMPUTER
FAKULTAS
ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2015
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih
lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah
melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga saya dapat
menyelesaikan makalah Bahasa Indonesia tentang “Sistem Komputer”
Adapun makalah Bahasa Indonesia tentang “Sistem
Komputer” ini telah saya usahakan semaksimal mungkin yang telah saya ambil
dari berbagai sumber, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini.
Akhirnya penyusun mengharapkan semoga dari makalah
Bahasa Indonesia tentang “Sistem Komputer” ini dapat memberikan banyak
informasi, pengetahuan, dan wawasan yang lebih luas untuk kita semua
Namun demikian kami menyadari bahwa makalah ini
masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat
membangun dari pembaca akan diterima dengan penuh ucapan terima kasih demi
lebih baiknya karya tulis ini. Semoga makalah ini bermanfaat bagi semua pihak.
Depok,
25 Mei 2015
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………………....................…………… ii
DAFTAR ISI ………………………………………………………..………...................…………… iii
BAB I PENDAHULUAN ………………....................………………………………………………....1
1.1
Latar Belakang …………..………..................…………………………...………….……………...1
1.2
Rumusan Masalah ……………………..................…………………………………………..…......1
1.3
Tujuan ……………………………..................……………………………………………………..1
BAB II PEMBAHASAN ………………………………………………………………….....................2
2.1 Pengertian Sistem Komputer ……………………………………..…………….................................2
2.2 Komponen- Komponen Sistem
Komputer ……………………………………………......................2
2.3 Manfaat Sistem Komputer ………………………………………………………..............................5
BAB III PENUTUP ……………………………………………………………………….....................8
3.1 Kesimpulan ……………………………………………………...…………………….....................8
3.2 Saran ………………………………………………………………………………….....................8
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………………………………………......................iv
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Komputer merupakan alat modern yang tidak bisa
dilepaskan dari kehidupan sehari-hari. Mulai dari mengerjakan pekerjaan
kantor, multimedia, bahkan hiburan. Dewasa ini perkembangan komputer
semakin berkembang dan masih akan terus berkembang tanpa batas. Kita
sebagai manusia mau tidak mau harus mengikuti perkembangan kemajuan
teknologi khususnya bidang komputerisasi agar kita tidak termakan oleh
alat yang kita buat sendiri.
Saat ini komputer hampir dapat dijumpai di setiap
kantor pemerintah, perusahaan, sekolah, atau bahkan rumah tangga.
Perkembangan teknologi komputer yang pesat, khususnya di bidang perangkat
lunak, membuat komputer menjadi semakin user friendly dan telah menjadikannya suatu kebutuhan
bagi kalangan tertentu, misalnya kalangan bisnis. Dalam melakukan
pekerjaan mereka sangat tergantung pada komputer. Komputer tidak lagi
hanya digunakan sebagai pengganti mesin tik ataupun alat hitung, namun
kini juga banyak digunakan dalam membantu pembuatan keputusan penting.
1.2 Rumusan
Masalah
·
Apa Itu Sistem Komputer?
·
Apa
Komponen-Komponen Dasar Sistem Komputer?
·
Apa Manfaat Sistem
Komputer bagi Kehidupan Sehari-hari?
1.3 Tujuan
·
Untuk Mengetahui Pengertian Sistem Komputer.
·
Untuk Mengetahui Komponen Sistem Komputer.
·
Untuk Mengetahui Manfaat Sistem Komputer.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Sistem Komputer
Sistem berasal dari bahasa Latin (systēma) dan bahasa
Yunani (sustēma) adalah suatu kesatuan yang terdiri komponen atau elemen yang
dihubungkan bersama untuk memudahkan aliran informasi, materi atau energi.
Istilah ini sering dipergunakan untuk menggambarkan suatu set entitas yang
berinteraksi, di mana suatu model matematika seringkali bisa dibuat. Sistem
juga merupakan kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan yang berada dalam
suatu wilayah serta memiliki item-item penggerak.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data
menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata komputer semula dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan
atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin
itu sendiri.
Sistem Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk
menjalankan suatu aktifitas dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem
komputer terdiri dari manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set
instruksi (instruction set), dan perangkat keras hardware). Dengan demikian
komponen tersebut merupakan elemen yang terlibat dalam suatu sistem komputer.
Tentu saja hardware tidak berarti apa-apa jika tidak ada salah satu dari dua
lainnya (software dan brainware). Contoh sederhananya, siapa yang akan
menghidupkan komputer jika tidak ada manusia. Atau akan menjalankan
perintah apa komputer tersebut jika tidak ada softwarenya. Arsitektur Von
Neumann menggambarkan komputer dengan empat bagian utama: Unit Aritmatika dan
Logis (ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, “bus”.
2.2 Komponen- Komponen Sistem Komputer
1. Pemproses
Berfungsi untuk mengendalikan
operasi komputer dan melakukan fungsi pemrosesan data.Pemroses melakukan operasi
logika dan mengelola aliran data dengan membaca instruksi dari memori dan
mengeksekusinya.
Langkah kerja pemroses :
Langkah kerja pemroses :
·
Mengembil
instruksi biner dari memori
·
Mendekode
instruksi menjadi aksi sederhana
·
Melakukan
aksi
3
tipe operasi komputer :
·
Operasi aritmatika (ADD, SUBSTRACT,
MULTIPLY, DIVIDE)
·
Operasi logika (OR, AND, XOR, INVERTION)
·
Operasi pengendalian (LOOP, JUMP)
Pemroses
terdiri :
·
ALU (Aritmatic Logic Unit): Berfungsi
untuk melakukan operasi aritmatika dan logika.
·
CU (Control Unit): Berfungsi untuk
mengendalikan operasi yang dilaksanakan sistem komputer.
·
Register-register: Berfungsi untuk Membantu
pelaksanaan operasi yang dilakukan pemroses Sebagai memori yang bekerja secara
cepat, biasanya untuk tempat operand-operand dari operasi yang akan dilakukan.
Terbagi menjadi register data dan register alamat.
Register data terdiri dari general dan special purpose register.
Terbagi menjadi register data dan register alamat.
Register data terdiri dari general dan special purpose register.
Pemroses
melakukan tugasnya dengan mengeksekusi instruksi-instruksi diprogram dengan
mekanisme instruksi sebagai berikut :
·
Pemroses membaca instruksi dari memori
(fetch)
·
Pemroses mengeksekusi instruksi
(execute)
Eksekusi
program berisi pengulangan fetch dan execute. Pemrosesan satu Instruksi disebut
satu siklus instruksi (instruction cycle).
2. Memory
Berfungsi
untuk menyimpan data dan program Biasanya volatile, tidak dapat mempertahankan
data dan program yang disimpan bila sumber daya energi (listrik) dihentikan. Konsep program tersimpan (stored program concept), yaitu program
(kumpulan instruksi) yang disimpan di suatu tempat (memori) dimana kemudian
instruksi tersebut dieksekusi. Setiap kali pemroses melakukan eksekusi,
pemroses harus membaca instruksi dari memori utama. Agar eksekusi dilakukan
secara cepat maka harus diusahakan instruksi tersedia di memori pada lapisan
berkecepatan akses lebih tinggi. Kecepatan eksekusi ini akan meningkatkan
kinerja sistem.
Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses :
Hirarki memori berdasarkan kecepatan akses :
·
Register (tercepat)
·
Chace memory
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dibanding memori utama. Chace memory adalah diantara memori utama dan register, sehingga pemroses tidak langsung mengacu memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya lebih tinggi.
Memori berkapasitas terbatas, berkecepatan tinggi yang lebih mahal dibanding memori utama. Chace memory adalah diantara memori utama dan register, sehingga pemroses tidak langsung mengacu memori utama tetapi di cache memory yang kecepatan aksesnya lebih tinggi.
·
Main memory
Bagian memori utama untuk menampung data
yang akan ditransfer dari/ke perangkat masukan/keluaran dan penyimpan sekunder.
Buffering dapat mengurangi frekuensi pengaksesan dari/ke perangkat masukan/keluaran
dan penyimpan sekunder sehingga meningkatkan kinerja sistem.
·
Disk chace (buffering)
·
Magnetic disk
·
Magnetic tape, optical disk (terlambat)
3. Perangkat
masukan dan keluaran (I/O)
Adalah Perangkat nyata yang dikendalikan
chip controller di board sistem atau card. Controller dihubungkan dengan
pemroses dan komponen lainnya melalui bus. Controller mempunyai
register-register untuk pengendaliannya yang berisi status kendali. Tiap
controller dibuat agar dapat dialamati secara individu oleh pemroses sehingga
perangkat lunak device driver dapat menulis ke register-registernya sehingga
dapat mengendalikannya. Sistem operasi lebih berkepentingan dengan pengendali
dibanding dengan perangkat fisik mekanis. Perangkat I/O juga memindahkan data
antara komputer dan lingkungan eksternal.
Lingkungan eksternal dapat diantarmuka
(interface) dengan beragam perangkat, seperti :
·
Perangkat penyimpan sekunder
·
Perangkat komunikasi
·
Terminal
4. Interkoneksi
antar komponen
Adalah
struktur dan mekanisme untuk menghubungkan antar komponen dalam sistem komputer
yang disebut bus.
Bus terdiri dari tiga macam, yaitu :
Bus terdiri dari tiga macam, yaitu :
·
Bus alamat (address bus)
Berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin ditulis atau dibaca di bus ini.Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N jalur alamat maka dapat mengalamati 2 pangkat N (2N) lokasi memori dan/atau port secara langsung.
Berisi 16, 20, 24 jalur sinyal paralel atau lebih. CPU mengirim alamat lokasi memori atau port yang ingin ditulis atau dibaca di bus ini.Jumlah lokasi memori yang dapat dialamati ditentukan jumlah jalur alamat. Jika CPU mempunyai N jalur alamat maka dapat mengalamati 2 pangkat N (2N) lokasi memori dan/atau port secara langsung.
·
Bus data (data bus)
Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Banyak perangkat pada sistem yang dihubungkan ke bus data tetapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya.
Berisi 8, 16, 32 jalur sinyal paralel atau lebih. Jalur-jalur data adalah dua arah (bidirectional). CPU dapat membaca dan mengirim data dari/ke memori atau port. Banyak perangkat pada sistem yang dihubungkan ke bus data tetapi hanya satu perangkat pada satu saat yang dapat memakainya.
·
Bus kendali (control bus)
Berisi
4-10 jalur sinyal paralel. CPU mengirim sinyal-sinyal pada bus kendali untuk
memerintahkan memori atau port.
Sinyal bus kendali antara lain :
·
Memory read: Untuk memerintahkan melakukan
pembacaan dari memori.
·
Memory write: Untuk memerintahkan melakukan
penulisan ke memori.
·
I/O read: Untuk memerintahkan melakukan
pembacaan dari port I/O.
·
I/O write: Untuk memerintahkan melakukan
penulisan ke port I/O.
Mekanisme pembacaan:
Untuk membaca data suatu lokasi memori, CPU mengirim alamat memori yang dikehendaki melalui bus alamat kemudian mengirim sinyal memory read pada bus kendali. Sinyal tersebut memerintahkan ke perangkat memori untuk mengeluarkan data pada lokasi tersebut ke bus data agat dibaca CPU. Interkoneksi antar komponen ini membentuk satu sistem sendiri, seperti ISA (Industry Standard Architecture), EISA (Extended ISA) dan PCI (Peripheral Component Interconnect). Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa “perkawatan”. Interkoneksi memerlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
Untuk membaca data suatu lokasi memori, CPU mengirim alamat memori yang dikehendaki melalui bus alamat kemudian mengirim sinyal memory read pada bus kendali. Sinyal tersebut memerintahkan ke perangkat memori untuk mengeluarkan data pada lokasi tersebut ke bus data agat dibaca CPU. Interkoneksi antar komponen ini membentuk satu sistem sendiri, seperti ISA (Industry Standard Architecture), EISA (Extended ISA) dan PCI (Peripheral Component Interconnect). Secara fisik interkoneksi antar komponen berupa “perkawatan”. Interkoneksi memerlukan tata cara atau aturan komunikasi agar tidak kacau (chaos) sehingga mencapai tujuan yang diharapkan.
2.3 Manfaat
Sistem Komputer
Manfaat komputer dalam kehidupan sehari- hari sangat banyak dan sangat
membantu, mempermudah , mempecepat pekerjaan –pekerjaan manusia diantaranya
adalah :
1.
Bidang
Pendidikan
Dengan adanya komputer
mempermudah bagi pegawai administrasi sekolah untuk membuat kurikulum
pengajaran , jadwal pelajaran sekolah, membuat daftar nama siswa , membuat
daftar nilai siswa , membuat absen siswa , membuat perhitungan gaji pegawai dan
membuat perencanaan pengajaran bagi guru-guru sekolah. Mengakses Informasi
Pendidikan lewat Internet. Seiring perkembangan jaman Internet telah merambah
sekolah-sekolah setingkat kecamatan,sehingga akses informasipun semakin mudah
diperoleh untuk kemajuan pendidikan tiap-tiap sekolah.
2.
Bidang
Kesehatan
Mempermudah Dokter dan
Perawat dalam memonitor kesehatan pasien monitor detak jantung pasien lewat
monitor komputer, aliran darah, memeriksa organ dalam pasien dengan sinar X.
Sebagai contoh saat perawatan Almarhum Mantan Presiden Soeharto di Rumah Sakit
Pertamina Jakarta, tahun 2008. Dengan teknologi modern bisa memonitor, bahkan menggantikan
fungsi organ dalam seperti Jantung, Paru-paru dan Ginjal. Itu merupakan
teknologi kesehatan yang digabungkan dengan teknologi Informasi dan Komputer.
3.
Bidang
Transportasi
Dengan komputer semua
jadwal dan jalur penerbangan yang transit dibandara bisa di program dan
dijadwalkan dengan komputer. Untuk menerbangkan sendiri pesawat dilengkapi
dengan peralatan komputer. Bahkan setelah mencapai ketinggian tertentu pesawat
bisa di terbangkan otomatis dengan pilot otomatis yang sudah diprogram di dalam
kmputer.
Dengan komputer, narigasi
kapal laut bisa ditentukan koordinat dan arah gerak kapal. Demikian juga
penjualan tiket di Bandara , Stasiun , Dan Terminal Bus di layani dengan cepat
menggunakan komputer.
4.
Bidang Jasa
Pengiriman Barang
Kantor Pos bisa
mengirimkan dokumen pengiriman barang lebih cepat dan akurat.Dengan adanya
komputer dan internet orang tidak lagi menunggu berhari-hari menerima surat,
cukup lewat email saja lebih cepat dalam sekejap, jadi dunia menjadi semakin
sempit dalam arti bisa diakses sedemikian cepatnya.
5.
Bidang
industri Otomotif
Mobil-mobil di buat dari
kerangka body, mesin, peralatan elektronik di pabrik dengan bantuan robot yang
dikendalikan oleh komputer dengan leih akurat. Dengan bantuan komputer
pabrik-pabrik otomotif bisa memproduksi mobil dalam jumlah ratusan perbulan,
yang tidak mungkin dikerjakan secara manual dengan tenaga manusia.
6.
Bidang Jasa
Konstruksi
Dengan komputer para
Insiyur dan Arsitek mendesain gambar konstruksi dengan pemodelan dan perhitungan
yang akurat, cepat dan tepat. Gambar kontruksi didesain menggunakan program
CAD, sedangkan untuk perhitungan analisis dan penganalisa kekuatan menggunakan
program SAP2000 atau STAD III yang dioperasikan dengan bantuan komputer.
7.
Bidang Jasa
Percetakan
Percetakan koran, majalah , buku-buku, semua dikerjakan dengan mesin yang
di operasikan oleh komputer sehingga dalam waktu singkat bisa mencetak buku
atau majalah atau koran dalam jumlah ratusan bahkan jutaan exemplar, bisa
menghemat waktu dan biaya, seandainya dikerjakan dengan manual oleh manusia,
butuh berapa ribu orang untuk mengetik di kertas koran dan perlu berapa lama
untuk menyelesaikan, keburu berita menjadi basi dantidak up-to date lagi.
8.
Bidang
Industri Perfilman
Semua efek-efek di dunia
akting , animasi, dan penyotingan adegan film semua di rekam dengan perangkat
elektronik yang dihubungkan dengan komputer. Animasinya juga di kembangkan
mempergunakan animasi yang dibuat dengan aplikasi komputer. Sebagai contoh
film-film Hollywood berjudul TITANIC itu sebenarnya tambahan animasi untuk
menggambarkan kapal raksasa yang pecah dan tenggelam, sehingga tampak menjadi
seolah-olah mirip dengan kejadian nyata.
9.
Bidang
Industri Rekaman
Bahwa untuk menghasilkan
suara yang bagus perlu pengaturan perekam dan modifikasi suara dengan media
komputer, serta mencetak lagu-lagunyapun di bantu dengan system komputer. Untuk
mencetak album kedalam VCD atau DVD perlu bantuan pogram komputer untuk
memproses pembuningan atau pembakaran CD sehingga bisa merekam suara dengan
kualitas sangat tinggi.
10. Bidang Pertahanan dan Keamanan
Negara maju seperti
Amerika telah dilengkapi dengan peralatan satelit yang dikendalikan dari Bumi,
untuk memantau serta memetakan keadaan dipermukaan Bumi, pada Perang dunia II
dan yang terakhir dengan Irak , Amerika menggunakan Jaringan Inteligen yang
dilengkapi dengan Teknologi komputer dan Informasi modern sehingga bisa
mengalahkan lawan-lawanya.
11. Bidang Olah Raga
Pertandingan sepak bola
piala dunia di tayangkan oleh satelite yang di hubungkan dengan pesawat
penerima di bumi kemudian dipancarkan ke seluruh satelit pemancar TV di belahan
bumi, sehingga acara olah raga sedunia itu bisa dinikmati oleh semua orang.
12. Pabrik Sepatu
Proses pembuatan sol sepatu dalam
berbagai ukuran dan detail bentuknya dikerjakan dengan cara dan system
komputer. Pertama-tama model dikerjakan dengan progam CADCAM untuk mendaesain
sol sepatu dari berbagai ukuran kemudian di cetak dan di jadikan Mall cetakan untuk
proses selanjutnya dengan penambahan bahan dari kulit dan kemudian dijahit dan
diberi stiker atau logo yang dikerjakan dengan komputer.
BAB
III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sistem
Komputer adalah elemen-elemen yang terkait untuk menjalankan suatu aktifitas
dengan menggunakan komputer. Elemen dari sistem computer terdiri dari
manusianya (brainware), perangkat lunak (software), set instruksi (instruction
set), dan perangkat keras (hardware).
Apapun
bisa dilakukan dengan Sistem Komputer, dan seiringnya waktu berjalan Teknologi
pun semakin berkembang, dan tentu saja masih ada kekurangan dari teknologi
3.2 Saran
Kita harus mempelajari perkembangan
teknologi yang ada seperti komputer agar kita bisa memanfaatkan teknologi
tersebut dalam kehidupan kita sehari-hari, dan menggunakan dengan benar agara
tidak disalahgunakan
DAFTAR PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar